RSS

Hati-hati Aplikasi Facebook Banyak yang Berbahaya

27 Agu

Facebook memang sedang digandrungi jutaan manusia di bumi saat ini. Namun berhati-hatilah bagi Anda yang memiliki account di facebook, karena ada beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab mencoba untuk memasukkan beberapa aplikasi berbahaya ke dalam facebook. Dan korbannya, tidak sedikit.

Facebook telah mematikan aplikasi berbahaya yang dapat mencuri data login membernya. Namun saat satu dimatikan, lima aplikasi baru muncul kembali. Rik Ferguson peneliti dari perusahaan antivirus Trend Micro melaporkan lima aplikasi tersebut bernama Friends, Friends Gifts, Matching, Pok, dan Your Photos. Menurut catatan Ferguson aplikasi berbahaya itu memiliki bentuk yang sama dengan pendahulunya, tapi menggunakan ikon applikasi yang tidak sama. Selain itu pemberitahuannya lebih meyakinkan.

bookface

Sebelum aplikasi ini dimatikan, korban telah menerima pemberitahuan adanya komentar balasan mengenai surat yang mereka buat. Pemberitahuan tersebut mencantumkan link ke sebuah situs palsu di mana para pengguna Facebook diminta memberikan keterangan login mereka dan untuk memasang salah satu applikasi berbahaya tersebut. Ketika aplikasi telah dipasang, teman korban akan menerima pesan spam. Menurut seorang juru bicara Facebook saat aplikasi berbahaya itu muncul, langsung dimatikan.

“Facebook akan tetap memastikan bahwa seluruh aplikasi yang terdapat pada situs tersebut sesuai dengan kebijakan Facebook,” katanya. Facebook telah menemukan enam buah aplikasi berbahaya pada pekan lalu. Salah satunya telah dimatikan namun lima lainnya menyusul

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 27 Agustus 2009 in Berita

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: