RSS

AYO KITA TUNTUT TELKOMSHIT FLASH !!!!

17 Sep

Korban ‘Sunat’ Telkomsel Flash Bisa Pulih, Asal Mau Bayar
Ardhi Suryadhi – detikinet

Telkomsel Flash

Jakarta – Pengguna Telkomsel Flash yang kecewa lantaran kecepatan ngenet mereka kendor setelah melampaui batas kuota bandwidth, kini bisa mendapatkan kecepatan mobile broadband yang kembali ngebut. Asalkan, mau bayar biaya tambahan.

Hal inilah yang tengah dijadikan bahan jualan Telkomsel pasca aksi pemotongan kuota bandwidth pelanggan Telkomsel Flash per 1 September lalu. Dalam SMS broadcast dari Telkomsel yang didapat detikINET, operator seluler terbesar di Indonesia itu menawarkan dua paket pilihan kepada pelanggan.

Pertama, untuk pembelian paket seharga Rp 50 ribu akan mendapat jatah 125 MB, sedangkan untuk paket kedua yang seharga Rp 100 ribu mendapat jatah tambahan 300 MB.

“Pelanggan yth,sekarang Anda dapat melakukan pengecekan penggunaan Paket Unlimited TELKOMSELFlash dengan SMS, ketik : ULINFO,kirim ke 3636 (bebas biaya). Stlh kecepatan diturunkan&ingin mendpt kecepatan normal kembali,Anda dpt membeli paket 50rb(125MB)/100rb(300MB) via SMS,” isi pesan singkat tersebut yang dikirimkan ke nomor Flash pelanggan.

Sebelumnya, kuota fair usage Paket Basic Flash diturunkan menjadi 500 MB dengan kecepatan maksimum 256 kbps, Paket Advance turun menjadi 1 GB dengan kecepatan maksimum 512 kbps, serta Paket Pro tetap 2 GB dengan kecepatan maksimum 3,6 Mbps. Padahal sebelumnya, kuota yang diberikan untuk ketiga paket tersebut sama-sama 2 GB.

Bila penggunaan melebihi kuota, pelanggan memang tetap tidak dikenakan biaya tambahan. Hanya saja, secara otomatis kecepatan maksimum akan berubah. Paket Pro menjadi 128 kbps dan Paket Basic serta Advance menjadi 64 kbps.

Telkomsel agaknya melihat peluang pada pelanggan yang tidak sabar berlama-lama dengan kecepatan internet ‘seadanya’. Pelanggan yang mau kecepatan mobile broadband Telkomsel Flash-nya pulih, harus membayar untuk membeli paket tambahan yang diberi istilah ‘Paket Anti Throttling’ tersebut.

———-

Kuota Flash ‘Disunat’
BRTI Tidak Segera Panggil Telkomsel
Achmad Rouzni Noor II – detikinet

Telkomsel Flash

Jakarta – Menyoal keluhan pelanggan soal kasus ‘sunat’ kuota bandwidth layanan internet Telkomsel Flash, Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) tidak akan buru-buru memanggil sang empunya produk untuk dimintai penjelasan.

“Seperti yang sudah-sudah, sesuai SOP (prosedur standar operasional), kita akan pelajari kasusnya dulu,” ujar anggota komite BRTI Heru Sutadi kepada detikINET mengenai kasus ini, Kamis (17/9/2009).

“Kemudian kita akan undang perwakilan konsumen, lembaga perlindungan konsumen, termasuk operator bersangkutan. Setelah itu kita (baru akan) ambil keputusan,” jelasnya lebih lanjut.

Seperti diberitakan sebelumnya, Telkomsel per 1 September 2009 lalu memberlakukan kebijakan baru menurunkan kuota bandwidth Telkomsel Flash.

Kebijakan baru ini membuat kuota Paket Basic turun menjadi 500 MB dengan kecepatan maksimum 256 kbps, Paket Advance turun menjadi 1 GB dengan kecepatan maksimum 512 kbps, serta Paket Pro tetap 2 GB dengan kecepatan maksimum 3,6 Mbps. Sebelumnya, kuota yang diberikan untuk ketiga paket tersebut sama-sama 2 GB.

Bila penggunaan melebihi kuota, pelanggan memang tetap tidak dikenakan biaya tambahan. Hanya saja, secara otomatis kecepatan maksimum akan berubah. Paket Pro menjadi 128 kbps dan Paket Basic serta Advance menjadi 64 kbps.

Alhasil, kebijakan Telkomsel yang kurang populis ini menuai kecaman dari banyak pelanggan yang merasa dirugikan. Ada juga pelanggan yang menyuarakan bahwa mereka tidak mendapat pemberitahuan terlebih dulu dari Telkomsel dan menilai kebijakan baru ini murni putusan sepihak dari sang operator.

Pelanggan merasa kecewa karena Telkomsel dinilai telah menciderai kontrak hukum produk layanan tersebut cuma karena 60% pelanggan Flash rata-rata mengabiskan bandwidth 500 MB per bulan dan 10% dianggap abusive user yang mengabiskan bandwidth Telkomsel hingga ratusan gigabyte.

“Jika memang benar demikian, seharusnya pelanggan diberikan paket kuota sesuai dengan perjanjian kontrak yang ditawarkan sang operator ke konsumen,” Heru berpendapat.

“Itu dijamin UU Telekomunikasi dan UU perlindungan konsumen sampai masa kontrak habis. Atau misalnya promosi ya sampai program selesai,” ujarnya lebih lanjut.

Menurut dia, layanan hanya bisa tidak dipenuhi oleh Telkomsel jika terjadi force majeur, semisal ada gempa bumi, tsunami, banjir, dan lainnya. “Artinya bukan disebabkan operator,” tegasnya.

Namun Heru coba memberikan jeda waktu kepada Telkomsel untuk menyelesaikan permasalahannya dengan pelanggan. “Bisa dilakukan pembicaraan B2C (business to consumer) antara operator tersebut dengan konsumennya.”

“Jika tidak solve, ya BRTI bisa menjadi mediator. Dan jika masif, sebagai regulator yang harus melindungi konsumen, kita bisa meminta keterangan atau klarifikasi dari operator bersangkutan. Namun kalau BRTI belum memanggil kemudian ada solusi yang pas, kan itu elok juga,” tandas anggota BRTI untuk dua periode terakhir ini.
( rou / ash )

—=============================–
TRLKOMSELSHIT si PENIPU ….BENAR2 MEMUAKKAN !!!!

 
5 Komentar

Ditulis oleh pada 17 September 2009 in Berita, Internet Gratis

 

Tag: , , , ,

5 responses to “AYO KITA TUNTUT TELKOMSHIT FLASH !!!!

  1. TELKOMSIAL

    18 September 2009 at 5:10 pm

    Stlh kecepatan diturunkan&ingin mendpt kecepatan normal kembali,Anda dpt membeli paket 50rb(125MB)/100rb(300MB) via SMS
    ini mah diotaknya telkomsel cuma ada Duit..duit..duiiiittt…
    yuk rame-rame kita gk usa bayar tagihan bulan ini, biar dipecat dulu si arief buntung baru kita bayar,emang TSEL aj yg bisa melanggar perjanjian.Sepertinya ini ide dr arief buntung biar tambah makmur si TSEL otomatis THR dia tambah besar atau gajinya dinaikkan berlipat ganda karena jasa2nya yg sudah menyunat quota kita.

     
  2. Lie Sui Tat

    18 September 2009 at 7:34 pm

    ya… seperti LINTAH… menghisap pelan2 tanpa kita sadari…. tapi kalo telkomsel yamg dihisap uang kita.

     
  3. amiga

    19 September 2009 at 11:44 am

    nggak usah pusing, kalau memang begitu kelakuan Telkomsel dan memang begitu Telkomsel memperlakukan kita, putus aja hubugan dengan Telkomsel… ganti Operator lain… beres…

     
  4. penjagal

    2 Oktober 2009 at 5:54 pm

    telkomsel flash …..tai lu…seenaknya aja ….ingat kita ..teken diatas materai quotanya 2 gb….sekrang jadi 500mb..mati looo..kita konsumen akan tuntut kau…gue kumpulan pengacara terbaik negri ini ha…ha

     
  5. Alan

    22 Juli 2010 at 5:11 pm

    paket kok dibatasi ? pake smart aja… ambil paket mana aja, kecepatan tetap… NO QUOTA LIKE TeLKOMSHIT !!! Perampok berdasi !!!

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: