RSS

Virus Ponsel Android Singgah ke Indonesia

04 Jun

x

Serangan program jahat yang menyasar sistem operasi Android semakin nyata. Bahkan di Indonesia, serangan program jahat yang berjalan di atas OS ‘robot hijau’ ini mulai terdeteksi.

Berdasarkan data yang dimiliki perusahaan NetQin Mobile, China masih jadi sasaran utama penyerang Android ini dengan presentase serangan mencapai 64% di kuartal pertama 2011.

Disusul oleh pasar Amerika Serikat di posisi kedua dengan presentase 7,6%, lalu berlanjut dengan Rusia (6,1%), India (3,4%), dan Indonesia dengan presentase 3,2%.

Menurut NetQin ada 2,53 juta pengguna Android yang terinfeksi virus dan program jahat lainnya pada kuartal pertama 2011.

Ponsel Android yang menjadi sasaran penjahat cyber didominasi oleh ‘white box phone’. Ini merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut ponsel terbuka yang tidak terikat oleh carrier tertentu.

Ponsel ‘kotak putih’ ini dianggap memiliki celah lantaran banyak yang menjalankan software mobile yang tidak update serta tidak dilengkapi dengan dukungan sistem keamanan dari carrier.

Adapun versi Android yang paling banyak terinfeksi adalah yang menjalankan Froyo alias Android OS versi 2.2 dengan presentase 45%. Diikuti dengan Eclair (Android OS V2.1) dan Gingerbread (Android OS V2.3) dengan masing-maisng 34% and 16%. (Detik/CellularNews)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 4 Juni 2011 in Virus

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: